Respon Isu Aktual Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Selasa 16 Februari 2021

  • Bagikan

1. Indonesia masuk pada urutan 19 di dunia terhadap kasus positif covid-19, dengan jumlah kasus mencapai 1,22 juta kasus hingga hari ini (17/02/21), respon Ketua MPR RI:

A. Mendukung langkah-langkah masif yang dilakukan pemerintah dalam menangani pandemi, diantaranya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat/PPKM hingga program vaksinasi Covid-19.

B. Meminta pemerintah agar menjadikan peringkat tersebut sebagai dorongan untuk terus meningkatkan kinerja dalam penanggulangan covid-19 dan tetap harus berupaya semaksimal mungkin dalam langkah penanganan covid-19, baik dari testing, tracing, treatment, vaksin, hingga penerapan protokol kesehatan.

C. Meminta pemerintah agar seluruh kebijakan dan regulasi penanganan covid-19 sudah disesuaikan dengan standar dari World Health Organization/WHO.

2. Seorang guru honorer di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan dipecat setelah mengunggah besaran gaji Rp 700.000 di media sosial, respon Ketua MPR RI:

A. Meminta Ketua Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Persatuan Guru Republik Indonesia (LKBH PGRI) untuk menjadi kuasa hukum dari guru honorer tersebut, dalam hal memperjuangkan hak atas kasus pemecatannya, mengingat terdapat kejanggalan dan seharusnya dalam proses pemecatan guru honorer tersebut berdasarkan alasan dan pertimbangan pihak sekolah setelah mendengar keterangan guru yang bersangkutan.

B. Meminta pemerintah daerah setempat mencarikan solusi terbaik untuk kasus tersebut, dan segera membuka ruang komunikasi dengan kedua belah pihak agar permasalahan dapat selesai secara baik.

C. Meminta pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan/Kemdikbud, membuat standard operating procedure/SOP atau aturan yang diberlakukan secara umum mengenai perlindungan terhadap guru, salah satunya prosedur tata cara pemberhentian guru, agar dapat dipastikan dan diketahui secara jelas siapa pihak-pihak yang berhak memberhentikan guru disertai alasan yang jelas.

D. Meminta pemerintah, dalam hal ini Kemdikbud, lebih memperhatikan dan membenahi masalah-masalah dan kesejahteraan guru honorer dan yang ada di Indonesia, seperti perihal gaji untuk menunjang kesejahteraan guru, pengalokasian guru, hingga perekrutan dan penetapan guru yang berstatus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja/PPPK.

E. Mengimbau kepada seluruh guru di Indonesia, khususnya kepada guru honorer, agar tetap mengajar dengan ikhlas dan tetap mematuhi peraturan-peraturan yang berlaku selama menjadi guru, di samping Kemdikbud berkomitmen mewujudkan kesejahteraan guru-guru honorer di Indonesia.

3. Satu orang anggota TNI kembali menjadi korban penembakan kelompok kriminal bersenjata (KKSB) di Papua pada Senin (15/2), respon Ketua MPR RI:

A. Menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas gugurnya satu anggota TNI di medan tugas demi membela bangsa dan negara, serta diharapkan aparat keamanan di wilayah setempat (TNI-Polri) dapat segera menumpas keberadaan KKSB sebagai pelaku penembakan tersebut.

B. Meminta Kepolisian dan TNI bekerja sama dengan Badan Intelijen Negara (BIN) untuk melakukan penelurusan sekaligus pengejaran terhadap pelaku penembakan yang berasal dari KKSB, serta menindak tegas para pelaku sesuai dengan hukum positif yang berlaku, disamping mempersempit ruang gerak dari KKSB. Mengingat, sepanjang tahun ini empat anggota Satgas Yonif R 400/BR yang menjadi korban KKSB di Intan Jaya, Papua.

C. Meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertahanan (Kemenhan) bersama TNI-Polri untuk memperkuat dan meningkatkan pengamanan di wilayah konflik tersebut, serta mengkaji secara tepat langkah efektif dalam menumpas KKSB di Papua, mengingat konflik yang berkepanjangan tersebut telah banyak merenggut korban jiwa dan meresahkan masyarakat Papua.

D. Meminta komitmen TNI-Polri untuk meningkatkan keamanan dan kewaspadaan di wilayah konflik tersebut dengan menggencarkan patroli gabungan di seputaran wilayah Papua, khususnya di objek vital maupun lingkungan penduduk, guna memberikan rasa aman sekaligus mempersempit ruang gerak KKSB.

Terima kasih.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *