Respon Isu Aktual Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Senin 9 November 2020

  • Bagikan
  1. Pandemi Covid-19 berdampak pada melemahnya konsumsi dan juga daya beli masyarakat hingga saat ini, respon Ketua MPR RI:

A. Mendorong pemerintah, dalam ini Kementerian Keuangan/Kemenkeu, untuk menjaga masyarakat terdampak covid-19, dengan tetap memberikan bantuan sosial, serta pemberian bantuan modal kerja untuk menjaga konsumsi dan menjaga agar masyarakat tidak kehilangan daya beli.

B. Mendorong pemerintah agar memberikan perhatian khusus bagi pelaku usaha, khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah/UMKM, seperti mengoptimalkan pemberian bantuan dan stimulus-stimulus untuk usaha, dikarenakan dampak dari tidak bertahannya pelaku usaha dapat mengakibatkan pelaku usaha atau perusahaan melakukan efisiensi, merumahkan karyawan, hingga pemutusan hubungan kerja/PHK.

C. Mendorong pemerintah untuk mengoptimalkan realisasi konsumsi pemerintah guna membantu konsumsi masyarakat yang saat ini sedang anjlok, sehingga dapat memberikan dampak yang maksimal terhadap pertumbuhan ekonomi, karena konsumsi masih menjadi penopang utama dalam perekonomian nasional, dan memberikan kemudahan investasi.

D. Mendorong pemerintah memaksimalkan program Pemulihan Ekonomi Nasional/PEN dan pemberian perlindungan sosial kepada masyarakat untuk mendorong peningkatan daya beli, khususnya pada konsumsi kebutuhan sehari-hari masyarakat.

E. Mendorong pemerintah mengatur strategi untuk menyeimbangkan antara jumlah pasokan dan permintaan agar saat perekonomian telah kembali pulih, harga bahan pokok tetap stabil dan tidak melonjak terlalu tinggi.

  1. Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM sebagai salah satu sektor yang cukup berpengaruh secara signifikan terhadap perekonomian nasional, namun merupakan sektor yang paling terdampak selama pandemi Covid-19, respon Ketua MPR RI:

A. Mendorong pemerintah, dalam hal ini Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah/KemenkopUKM, meminta seluruh pelaku UMKM segera bertranformasi menjadi usaha berbasis digital, serta memberikan pendampingan dan bantuan kepada UMKM agar memudahkan UMKM untuk menjadikan UMKMnya berbasis digital, termasuk dalam perihal anggaran atau bantuan dana melalui kemudahan akses perbankan, sehingga UMKM dapat segera bangkit dan tumbuh sehingga ekonomi bisa kembali bergerak.

B. Mendorong pemerintah mengoptimalkan realisasi penyaluran berbagai stimulus bagi pelaku UMKM, serta memastikan bahwa stimulus diberikan tepat sasaran kepada UMKM yang terdampak pandemi, maupun kepada UMKM yang baru dan membutuhkan bantuan dari pemerintah.

C. Mendorong pemerintah, dalam hal ini KemenkopUKM, mempersiapkan sarana, prasarana, dan fasilitas yang memadai untuk membantu UMKM tata cara memasarkan produk-produknya secara digital, termasuk pelatihan bagi pelaku UMKM agar lebih melek teknologi dan mampu memasarkan produk-produknya secara luas.

D. Mengimbau masyarakat agar membeli produk buatan UMKM dalam negeri, sehingga perekonomian bagi pelaku UMKM dapat terus berjalan, dikarenakan UMKM dapat menyerap hingga 97 persen dari seluruh tenaga kerja nasional.

  1. Status aktivitas Gunung Merapi meningkat yang semula berada di level II atau waspada, menjadi level III atau siaga, respon Ketua MPR RI:

A. Meminta pemerintah daerah dan badan nasional penanggulangan bencana (BNPB) bersama badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) serta tim rescue Basarnas untuk tetap siaga dengan mempersiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam menghadapi bencana erupsi gunung merapi, dan terus melakukan evakuasi, khususnya kepada kaum rentan seperti lansia, ibu hamil, disabilitas dan anak-anak/balita yang diarahkan menuju pos-pos pengungsian aman yang tersebar di beberapa titik.

B. Mendorong pemerintah daerah (Pemda) dalam hal ini Dinas Sosial setempat dapat segera membuat protokol penanggulangan bencana secara komprehensif, yang meliputi erupsi Merapi dan Covid-19 mengingat hal ini diperlukan untuk memastikan keselamatan masyarakat jika terjadi bencana akibat aktivitas Merapi di tengah pandemi Covid-19.

C. Meminta Pemda bersama BPBD dan tim rescue Basarnas dan Dinas Kesehatan agar terus mengupdate data pengungsi sekaligus memastikan kebutuhan bagi para pengungsi terpenuhi, seperti tempat tidur, selimut, konsumsi untuk pengungsi (dapur umum) serta obat-obatan.

D. Meminta badan meteorologi, klimatologi dan geofisika (BMKG) untuk terus mengupdate kondisi dan situasi terkini terkait kebencanaan di sekitar Gunung Merapi kepada masyarakat, sehingga masyarakat setempat dapat mengantisipasi dan mewaspadai potensi bencana guna mencegah jatuhnya korban dengan menyiapkan sarana dan prasarana evakuasi.

E. Mengimbau kepada masyarakat, khususnya yang tinggal di sekitar Gunung Merapi untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap potensi bencana alam yang mungkin terjadi di lingkungan sekitar, serta terus memantau informasi terkait situasi terkini dari akun resmi BMKG, dan mengikuti arahan dari petugas dilapangan untuk kemudahan koordinasi.

Terimakasih.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *