Respon Isu Aktual Ketua MPR RI Bambang Soesatyo Kamis 5 November 2020

  • Bagikan
  1. Pertumbuhan ekonomi triwulan III 2020 dan sepanjang tahun 2020 diprediksikan akan berada di kisaran minus 3,9% hingga minus 2,8%, respon Ketua MPR RI:

A. Mendorong pemerintah Indonesia terus melakukan langkah dan strategi antisipasi apabila permintaan global terus melemah dan menurun.

B. Mengingatkan masih menjadi PR pemerintah untuk meningkatkan daya beli masyarakat dengan memberikan stimulus ekonomi, dikarenakan masyarakat masih menahan konsumsi di tengah pandemi covid-19.

C. Mendorong pemerintah untuk mencermati tekanan eksternal serta tetap menjaga permintaan domestik.

D. Mendorong pemerintah untuk terus meningkatkan upaya penanganan pandemi dalam negeri, dikarenakan jika krisis kesehatan telah ditangani dengan baik dan strategi pemulihan melalui stimulus moneter dan fiskal telah dilaksanakan secara efektif, maka pertumbuhan ekonomi dapat kembali menjadi positif.

  1. Masih belum dituntaskannya temuan komisi pemilihan umum (KPU) terkait adanya 2,7 juta dari 100 juta warga yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada 2020 namun belum memiliki e-KTP ataupun surat keterangan (suket), respon Ketua MPR RI:

A. Mendorong KPU bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dukcapil Kemendagri) untuk segera melakukan percepatan perekaman KTP-el dengan menggerakkan para ASN dari 445 dinas dukcapil kabupaten/kota di 34 provinsi untuk melakukan jemput bola melayani kebutuhan dokumen kependudukan masyarakat, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dalam pelaksanaannya.

B. Mendorong KPU bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) untuk terus berfokus memonitor perekaman KTP-el di tiap kecamatan, sebagai upaya untuk memastikan percepatan perekaman mengingat waktu pelaksanaan pemungutan suara untuk Pilkada 2020 tinggal satu bulan lagi.

C. Mengimbau masyarakat untuk segera mendatangi Kantor Kecamatan atau Kelurahan untuk melakukan perekaman identitas kependudukan agar bisa menggunakan hak pilihnya pada Pilkada 2020 yang akan diselenggarakan pada 9 Desember mendatang.

D. Meminta komitmen pemerintah dan KPU untuk mengupayakan semua warga bisa memiliki KTP-el maupun suket, serta melindungi hak pilih setiap warga negara agar bisa menggunakan hak pilihnya di Pilkada mendatang.

  1. Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat terjadinya tren penurunan pengetesan atau testing setiap akhir pekan atau saat libur panjang. Hal tersebut dapat terlihat pada pekan ke empat dan kelima Oktober yang bersamaan dengan libur panjang, tercatat terjadi penurunan cakupan testing, yakni menjadi sebesar 74,78 persen dan 62.66 persen, respon Ketua MPR RI:

A. Mendorong pemerintah bersama Satgas Penanganan Covid-19 meningkatkan kapasitas pengetesan Covid-19 khususnya pada akhir pekan dan libur panjang, dengan melakukan penambahan shift kerja dibarengi dengan pemberian insentif yang memadai serta berkoordinasi dengan pemerintah daerah (pemda) untuk meningkatkan kapasitas laboratorium dan fasilitas pendukung lainnya seperti reagen sehingga jumlah pengetesan per harinya dapat berjalan optimal.

B. Mendorong pemerintah mengevaluasi pelaksanaan pengetesan Covid-19 di daerah yang masih rendah jumlah testingnya, sehingga dapat diketahui hal-hal yang menjadi hambatan daerah tersebut dalam melaksanakan tes secara masif sesuai dengan standar dari WHO.

C. Meminta komitmen pemerintah pusat dan pemda agar terus meningkatkan testing secara optimal sesuai dengan target yang ingin dicapai oleh Presiden yakni minimal 30.000 testing per hari, sebagai upaya deteksi dini terhadap kasus positif di setiap daerah.

Terimakasih.

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *