Parpol Koalisi Bisa Terima Moeldoko Cawapres

Posted by
Moeldoko INDOPOS

Jakarta, 16/7 (Bamsoetnews.co.id) — Peneliti dari Lingkaran Survei Indonesia Denny JA, Aji Al Farabi, menilai Kepala Staf Presiden Jenderal TNI Purn. Moeldoko, dapat diterima oleh partai-partai koalisi jika Joko Widodo memilihnya sebagai calon wakil presiden (cawapres).

“Moeldoko yang berlatar belakang militer dan pernah menduduki jabatan Panglima TNI adalah representasi profesional, sehingga tidak menghadapi resistensi dari partai-partai politik koalisi pendukung Jokowi,” kata Aji Al Farabi ketika dihubungi melalui telepon selulernya, di Jakarta, Senin (16/7/2018).

Menurut Aji, kelebihan Moeldoko adalah memiliki kedekatan dengan Presiden Joko Widodo dan saat ini mendapat kepercayaan untuk menduduki jabatan Kepala Staf Presiden (KSP), yang merupakan jabatan strategis di lingkungan Istana. “Jika dipilih sebagai cawapres, Moeldoko dapat mengimbangi kompetitor Jokowi pada pemilu presiden 2019,” katanya.

Aji menjelaskan, kompetitor Joko Widodo pada pemilu presiden 2019 adalah Prabowo Subianto yang diusung oleh Partai Gerindra bersama partai politik mitra koalisinya. Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto berlatar belakang militer dan pernah menduduki jabatan sebagai Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) atau mungkin Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo mantan Panglima TNI.

“Moeldoko yang berlatar militer, dapat mengimbangun kompetitor Jokowi yang juga militer,” katanya.

Ketika ditanya, jika Joko Widodo memilih Moeldoko sebagai cawapres, apakah elektoralnya akan naik secara signifikan? Menurut Aji, popularitas Moeldoko masih rendah, sehingga jika dipilih sebagai cawapres tidak meningkatkan elektabilitas capres Joko Widodo secara signifikan. “Moeldoko perlu melakukan pengenalan diri ke publik secara intensif untuk dapat meningkatkan popularitasnya,” katanya.

ANTARA

317 total views, 1 views today